Ticker

6/recent/ticker-posts

Advertisement

Mudahnya Budidaya Tanaman Hias


Tanaman hias merupakan tanaman yang juga banyak diminati oleh masyarakat. Selain bagus untuk membuat pemandangan sekitar rumah atau tempat tinggal menjadi lebih indah dan sejuk, tanaman hias juga merupakan salah satu solusi sebagai sumber penghasilan tambahan. Tanaman hias sendiri ada yang berupa tanaman hias indoor dan juga outdoor. Budidaya tanaman hias ini memang sangat bermanfaat tidak hanya untuk menyalurkan hobi berkebun anda tapi juga merupakan alternatif untuk mendapatkan keuntungan secara financial.

Melakukan budidaya tanaman hias ini memang merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Hanya saja dibutuhkan pengetahuan dan usaha yang tidak mudah agar usaha budidaya tanaman ini bisa berhasil. Untuk lahan penanaman tanaman hias sendiri tidak selalu membutuhkan lahan yang luas. Bagi anda yang mempunyai lahan sempit dan terbatas, anda bisa memanfaatkan pot sebagai media tanam. Media pot atau polibag yang disusun  dengan menggunakan talang, bambu atau yang sejenisnya akan sangat menghemat tempat.

Media tanam

Satu hal yang harus menjadi perhatian penting ketika hendak melakukan budidaya tanaman hias adalah media tanam. Bagaimanapun juga media tanam menjadi bagian yang sangat penting untuk diperhatikan. Media tanam yang dipilih pastinya harus sesuai dengan jenis tanaman hias yang ingin dibudidayakan. Media tanam itu sendiri ada beberapa karakteristik yang nantinya akan menentukan keseuaiannya dengan jenis tanaman hias tertentu. Media tanam yang sesuai dengan jenis tanaman akan memberikan peluang besar untuk berhasil.

Berikut ini beberapa jenis karakteristik media tanam ;

a.   Bahan organik ; bahan organik ini umunya berasal dari makhluk hidup seperti daun, buah, pohon, dan lain sebagainya. Kelebihan dari bahan ini yaitu kandungan usur hara yang terdapat di dalamnya. Bahan ini memiliki pori-pori mikro dan juga makro yang memberikan efek bagus untuk sirkulasi udara. Untuk media tanam jenis ini yang dibutuhkan diantaranya adalah sabut kelapa, arang, humas, kompos, dan juga pupuk kandang.

b.  Bahan anargonik ; lain halnya dengan bahan sebelumnya, bahan anorganik ini memiliki kandungan unsur mineral tinggi. Sedangkan bahan yang dibutuhkan untuk jenis ini diantaranya adalah sabut, gel, pasir, spons, kapas, dan sebagainya.

Untuk kebutuhan media tanam, anda bisa membelinya atau membuatnya sendiri. Pastikan bahwa media tanam yang anda gunakan sudah benar-benar sesuai dengan jenis tanaman yang ingin anda kembangkan tadi. Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kesesuaian ini memiliki peranan yang sangat besar untuk  menentukan keberhasilan anda dalam membudidaya tanaman hias ini.

Jangan lupa untuk memilih jenis tanaman yang memberikan potensi besar untuk dikembangkan. Jika budidaya ini lebih ditujukan untuk bisnis, maka sebaiknya anda mengetahui tanaman apa saja yang ramai dicari oleh para penggemar tanaman hias.

Posting Komentar

0 Komentar