Ticker

6/recent/ticker-posts

Advertisement

Tips Memilih Tanaman Anggrek

tanaman anggrek
Tanaman yang memiliki nama latin orchidaceae ini memang sangat cantik. Anggrek sendiri merupakan salah satu tanaman hias yang banyak diminati oleh para penggemar bunga. Penampilannya yang sangat istimewa menjadi salah satu faktor yang membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya. Hanya saja, bagi anda yang tertarik untuk memiliki tanaman hias yang satu ini tampaknya penting untuk mempehatikan tips memilih tanaman anggrek. Mengingat anggrek memiliki varian yang cukup banyak, maka dalam memilihnya harus memperhatikan beberapa faktor karena hal ini akan berpengaruh pada perawatannya.
Sebelum membahas tips memilih tanaman anggrek, tentu akan lebih baik jika anda mengetahui apa saja jenis varian anggrek berdasarkan genius anggrek yang banyak dikenal oleh masyarakat. Beberapa macam tanaman hias berdasarkan geniusnya diantaranya adalah Cattleya, Oncidium, Spathyphyllum, Vanda, dendrobium, Phalaenopsis, dan juga Grammathophillum. Masing-masing tanaman anggrek tersebut memiliki karakteristik sendiri- sendiri. Sedangkan salah satu jenis anggrek yang cukup sulit untuk dipelihara adalah anggrek Cattleya.

Tips memilih tanaman anggrek

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk membeli bunga anggrek. Apalagi mengingat bahwa beberapa jenis dari tanaman ini dijual dengan harga yang cukup mahal, sehingga membutuhkan kejelian untuk membelinya.
  • Batang yang gemuk
Salah satu kriteria tanaman anggrek yang sehat adalah batangnya yang gemuk. Ingat, jangan asal gemuk saja tapi harus batang yang gemuk dan tidak lembek. Batang yang gemuk ini merupakan tanda bahwa tanaman anggrek yang akan anda beli ini selalu mendapatkan perawatan yang bagus dan tepat. Perlu diketahui bahwa tanaman anggrek dengan batang yang kurus biasanya merupakan indikasi bahwa tanaman tersebut kurang pupuk dan juga kurang air.
  • Daun yang sehat
Daun bisa menjadi salah satu media penting untuk melihat kualitas suatu bunga anggrek. Itulah sebabnya, ketika hendak memilih tanaman anggrek harus dilihat bagaimana kondisi daunnya. Daun yang hijau dan segar ini merupakan tanda bahwa perakaran dan perawatan tanaman ini sudah sangat bagus. Hindari membeli tanaman anggrek yang berbintik hitam dan tampk hangus karena terkena paparan sinar matahari yang berlebihan.
  • Akar yang kuat
Akar adalah sumber kehidupan setiap tanaman begitu juga tanaman anggrek yang satu ini. Anggrek akan menempel sangat kuat di pot atau media penanamannya ketika sudah memiliki banyak akar. Sedangkan tanaman yang belum banyak akarnya akan lebih mudah goyang. Akar yang banyak pada tanaman anggrek ini juga merupakan bukti bahwa anggrek tersebut selalu mendapatkan perawatan yang baik.
  • Perhatikan tingkat kesulitasn perawatannya
Anggrek adalah tanaman yang membutuhkan perawatan cukup intensif.  Beberapa jenis anggrek memang membutuhkan perawatan yang cukup sulit, tapi beberapa diantaranya juga cukup mudah. Jadi, sebelum anda memutuskan memilih tanaman anggrek sebagai tanaman hias di rumah anda, tidak ada salahnya anda memperhitungkan bagaimana tingkat kesulitan perawatannya. 

Posting Komentar

10 Komentar

  1. tanaman anggrek memang sangat indah untuk di jadikan hiasan.
    kunjungi kami cara meningkatkan konsentrasi dan daya ingat

    BalasHapus
  2. Daun yang hijau dan segar ini merupakan tanda bahwa perakaran dan perawatan tanaman ini sudah sangat bagus

    BalasHapus
  3. I like the way it looks. I think that it should be a great skill to have an opportunity to deal with all those plants.

    BalasHapus
  4. It should be a kind of a medical plant, right? I hope that I'll get a chance to learn more about them.

    BalasHapus
  5. To get the word search puzzles for kids then use my link for the free enjoyment for the free word search games.

    BalasHapus

Silakan beri komentar