Ticker

6/recent/ticker-posts

Advertisement

Cara Menanam Tanaman Herbal Jahe




Jahe merupakan tanaman berkhasiat yang berasal dari Asia pasifik.Tanaman herbal yang satu ini meyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan. Tidak heran jika tanaman yang satu ini banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit. Banyak para petani yang saat ini sudah mulai tertarik untuk membudidayakan tanaman jahe ini. Harganya yang lumayan bagus juga memberikan kesempatan bagus bagi para petani jahe untuk berinvestasi dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
 

Bagi anda yang tertarik untuk menanam jahe, ada beberapa hal yang menjadi syarat pertumbuhan tanaman herbal yang satu ini, diantaranya adalah iklim, tanah dan ketinggian tempat.  

Beberapa faktor tersebut sangat penting untuk diperhatikan agar tanaman jahe yang dikehendaki bisa tumbuh subur. Untuk masalah iklim, jahe membutuhkan curah hujan yang cukup tinggi. Sedangkan untuk tanah yang paling cocok untuk tanaman ini adalah tanah yang gembur, subur, serta banyak mengandung humus. Perhatikan juga untuk ketinggian tempat mulai dari 0 – 2.000 m dpl.


Agar tanaman herbal yang berupa jahe ini bisa tumbuh dengan sehat dan makmur, anda harus memperhatikan pedoman budidaya jahe yang baik. Dalam hal pembibitan, anda harus memilih bibit yang berkualitas baik yang pastinya bebas hama dan juga penyakit. Rimpang terbaik yang dijadikan benih sebaiknya memiliki 2 hingga 3 bakal mata tunas.


Sedangkan untuk teknik penyemaian bibit, jangan langsung menanam bibit tapi harus terlebih dahulu dikecambahkan.Cara yang bisa anda lakukan untuk hal ini, silahkan anda taruh di atas bedegan atau semisalnya. Untuk melakukan penyemaian pada bedegan, anda bisa membuat rumah penyemaian dengan ukuran 10 x 8 meter untuk menanam bibit sekitar 1 ton. Silahkan susun bibit di atas bedegan jerami lalu ditutup dengan jerami, teruskan hingga tersusun beberapa lapis.


Untuk memenuhi kebutuhan lahan, silahkan anda persiapkan lahan untuk budidaya jahe. Hal-hal yang harus anda persiapkan diantaranya pembukaan lahan, pembentukan bedegan dan juga pengapuran. 

Sedangkan hal yang harus anda perhatikan untuk teknik penanaman jahe yang baik diantaranya adalah penentuan pola tanaman, pembuatan lubang tanam, cara penanaman, periode tanam, pemeliharaan tanaman, penyiangan, pembubunan, pemupukan organik, pemupukan kimia, pengairan dan penyiraman.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. silahkan download template terbaru saya di seotoolsoft.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Mas/Mbak

    Terima kasih, Mas
    oh iya, untuk jahe yang bagus yang mana ya?
    Jahe merah atau biasa

    Regards
    www.flowerian.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  3. Kalau pakai sistem hidroponik mungkin bisa juga dilakukan kali ya.trims
    toko herbal online

    BalasHapus

Silakan beri komentar