Ticker

6/recent/ticker-posts

Advertisement

Cara Mudah Bertani Jahe Di Polibag


sumber jaheasa.com
Bagi anda yang masih memiliki waktu luang di rumah, tidak ada salahnya memanfaatkan waktu yang anda punya untuk bertanam jahe. Tanaman yang satu ini memang menyimpan banyak manfaat untuk manusia, tidak hanya bisa digunakan sebagai tambahan pada bumbu masakan, tapi juga sangat efektif untuk membantu mengatasi masalah kesehatan. Tidak salah jika pada akhirnya jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang sangat dibutuhkan oleh banyak masyarakat. Semakin banyak dicari, maka jahe juga memberikan peluang yang sangat besar bagi para petani jahe untuk bisa mendapatkan keuntungan yang sangat lumayan. 

Bahkan beberapa dari mereka yang benar-benar menekuni bisnis bertani tanaman obat bisa mendapatkan keuntungan hingga puluhan juta bahkan milyaran rupiah.

Salah satu masalah yang mungkin menjadi kendala ketika hendak memulai untuk bertani tanaman obat yang satu ini adalah lokasi. Jika ini masalahnya, maka saatnya anda mencoba untuk bertani jahe di polibag. Ini merupakan solusi bagi anda yang tidak memiliki banyak ruang untuk bertanama jahe. Selain lebih ringkas atau tidak terlalu membutuhkan banyak ruang, menanam jahe di polibag ini juga memberikan kemudahan bagi anda untuk merawatnya. Cara menanamnya juga tidak jauh berbeda dengan ketika anda menanam jahe di ladang.

Meskipun demikian, untuk mendapatkan hasil yang maksimal ada beberapa faktor yang tetap harus anda perhatikan.

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika bertani jahe di polibag ;

a     Memilih jenis jahe dan kualitasnya sebelum ditanam

  •  Langkah yang pertama ini sangat penting untuk diperhatikan, mengingat jenis jahe dan kualitas tanaman nantinya akan sangat menentukan keuntungan yang bisa anda raih. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa jahe memiliki beberapa jenis yang pastinya akan sangat berpengaruh juga pada harganya. Selain itu, masing-masing jahe juga mempunyai manfaatnya sendiri-sendiri. Beberapa jenis jahe diantaranya adalah jahe merah, jahe gajah, dan juga jahe putih atau kuning. Masing-masing jenis jahe memiliki tingkat kepedasan yang berbeda. Cobalah untuk mencari informasi jahe apa yang paling diminati oleh konsumen.
  • Menyiapkan media tanam
Karena anda akan menanam jahe di polibag, maka media tanam yang anda butuhkan adalah polibag dengan ukuran 40 x 50 cm. Ukuran ini merupakan ukuran yang ideal untuk petani jahe di polibag agar produktifitas jahe anda semakin tinggi. Jangan lupa juga untuk menyiapkan tanah, pasir, dan juga pupuk organik yang anda kehendaki.

  • Membibitkan jahe
Tahapan selanjutnya bagi anda yang ingin bertani jahe adalah membibitkan jahe. Pada tahap ini yang perlu anda lakukan yaitu persiapan bibitan jahe, pengecambahan, dan penyemaian. 

  • Menanam dan memelihara
Tahapan yang sangat penting ini harus dilakukan dengan lebih teliti. Pada masa pemeliharaan, hal-hal yang harus anda lakukan untuk bertani tanaman obat yang satu ini yaitu penyiraman, pemangkasan, penyiangan dan pengemburan, pemupukan dan pembubunan, pengendalian hama dan penyakit, serta tahap terakhir adalah memanen.

Posting Komentar

7 Komentar

  1. lebih ringkas atau tidak terlalu membutuhkan banyak ruang,

    BalasHapus
  2. We carefully select our girls for serving, as we value and care for our pictures and we promise you the best: selective girls’ worth of the excellence can only try to end up a part of this group. Charm, class, society is a status and a way of life which our girls provide to the ethics. Escorts in Delhi

    BalasHapus

Silakan beri komentar