Ticker

6/recent/ticker-posts

Advertisement

Tanaman Herbal Untuk Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes tentu tidak bisa dianggap sepele. Apalagi penyakit yang satu ini semakin mengancam kesehatan masyarakat tanpa memandang usia. Faktor makanan dan pola hidup yang kurang baik dianggap sebagai pemicu munculnya masalah kelebihan kadar gula ini. 

Itulah sebabnya, sudah sewajarnya anda patut waspada dan merubah pola hidup jelek yang bisa memberikan pengaruh negative untuk kesehatan tubuh anda. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana secara berlebihan sangat berpotensi memicu naiknya kadar gula. Satu hal yang perlu diwaspadai bahwa kadar gula darah yang tinggi bisa menjadi indikasi akan adanya penyakit diabetes mellitus. 

Sebagai solusinya, selain mengatur pola makan, mengkonsumsi tanaman obat untuk mengobati diabetes bisa menjadi solusi alternatif yang sangat efektif.

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya dengan berbagai jenis tanaman. Banyak diantaranya yang merupakan jenis tanaman obat yang juga sangat efektif untuk membantu mengatasi masalah diabetes. Dengan mengkonsumsi ramuan dari tanaman obat secara teratur, maka kadar gula dalam darah anda akan berangsur normal. Dengan catatan, pengobatan dengan tanaman obat untuk mengobati diabetes ini tetap harus disertai dengan pola makan yang dianjurkan untuk penderita diabetes. 

Mereka yang memiliki kadar gula tinggi biasanya akan disarankan untuk mengatur pola makan dengan membatasi konsumsi karbohidrat dan sebagainya. Tanaman herbal sendiri memang kadar serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk membntu mengatasi masalah kesehatan anda.

Berikut ini macam-macam tanaman obat untuk mengobati diabetes :

a.   Brotowali : tanaman yang satu ini bukan merupakan tanaman jenis baru untuk pengobatan. Brotowali yang dikenal dengan rasanya yang pahit ini sudah digunakan sejak dulu sebagai salah satu tanaman obat yang sangat efektif untuk membantu mengatasi masalah diabetes. Cara menggunakannya juga cukup mudah yakni anda cukup menyiapkan sekitar 6 cm brotowali yang ditambahkan dengan daun kumis kucing dan sambiloto yang direbus dengan tiga gelas air.

b.  Lidah buaya : siapapun anda tentu sudah sangat mengenal dengan tanaman yang satu ini. Lidah buaya merupakan salah satu tanaman obat untuk mengobati diabetes. Cara menggunakannya juga sangat mudah yakni lidah buaya yang sudah diotong dan dibersihkan lalu direbus dengan 3 gelas air, matikan api setelah airnya menyusut hingga setengahnya.

c.   Buah noni : tanaman ini sangat efektif untuk membantu memperbaiki sel beta pancreas dan juga reseptor insulin yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Tanaman ini biasanya dikonsumsi dengan cara dijus.

d. Tanaman jahe : lagi-lagi jahe memberikan manfaatnya untuk membantu anda yang menderita penyakit diabetes. Tidak salah jika jahe dianggap sebagai sahabat hangat bagi para penderita diabetes. Jahe mengandung gingerol yang sangat bagus untuk membantu penyerapan glukosa berlebih dalam tubuh dan mencegah penggumpalan darah. 

Posting Komentar

0 Komentar