Ticker

6/recent/ticker-posts

Advertisement

Cara Menanam Pohon Obat Kunyit

Kunyit merupakan tanaman herbal yang banyak menyimpan berbagai manfaat terutama untuk kesehatan tubuh. Manfaat dari kunyit sendiri banyak digunakan untuk membantu menyembuhkan gatal-gatal, nyeri pada bagian perut, menyembuhkan kesemutan dan masih banyak lagi masalah lainnya.  Kunyit sendiri saat ini sudah banyak digunakan sebagai bahan campuran untuk pembuatan obat herbal atau obat tradisional, sehingga sangat tepat jika anda memutuskan untuk menanam pohon obat yang satu ini. Peluangnya yang cukup besar memberikan kesempatan yang cukup bagus untuk berinvestasi dengan menanam pohon obat berupa kunyit.
Berikut ini beberapa langkah menanam pohon obat – kunyit

  1. Pembibitan
Langkah utama yang harus anda lakukan adalah pembibitan. Bibit yang baik bisa diperoleh dari pemecahan rimpang yang telah berumur 7-12 bulan. Pastikan bahan bibit yang dipotong mendapatkan ukuran dengan berat yang seragam. Jangan lupa untuk melakukan penyemaian bibit yang bisa dilakukan dengan cara mengangin-anginkannya.

  1. Pengolahan pada media tanam
Media tanam tentu harus mendapatkan persiapan yang baik agar nantinya kunyit bisa tumbuh dengan maskimal. Silakan anda siapkan lahan berupa tegalan atau ladang dengan kegemburan tanah yang terjaga. Hal ini sangat penting untuk membantu meningkatkan unsur hara dalam tanah sehingga tanaman akan lebih mudah tumbuh. Untuk mendapatkan itu semua, anda bisa menaburkan pupuk kandang pada media tanam dan dibiarkan selama kurang lebih 1 minggu.

  1. Teknik penanaman
Pada tahap ini, hal yang harus anda lakukan adalah menanamkan bibit kunyit yang telah anda siapkan tadi ke dalam lubang dengan ukuran sekitar 5-10 cm dengan cara mata tunas menghadap ke atas. Perhatikan juga untuk periode tanam. Untuk masa tanam pohon obat yang satu ini adalah 7 hingga 8 bulan.
Demi membantu tanaman obat yang satu ini bisa tumbuh maksimal, jangan lupa untuk memperhatikan juga mengenai teknik pemeliharaan tanaman, mulai dari penyulaman, penyiangan, pembubunan, pemupukan, penyiraman, waktu penyemprotan pestisida, hingga pemulsaan. Beberapa langkah menanam pohon obat jenis kunyit ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin berkebun pohon obat

Posting Komentar

1 Komentar

Silakan beri komentar