Ticker

6/recent/ticker-posts

Advertisement

Lima Macam Flora Yang Paling Dilindungi di Indonesia

Demi menjaga kelestarian beberapa jenis flora yang sudah mulai punah, pemerintah mengeluarkan kebijakan yang mengarah pada perlindunagn beberapan jenis tanaman yang sudah mulai terancam kepunahannya. 

Beberapa jenis tanaman yang dimaksud ini memang merupakan tanaman yang langka sehinga sangat penting untuk memberikan tindakan yang bisa menjaga tanaman yang sudah terancam punah ini.

Ada 5 macam flora yang paling dilindungi di Indonesia, yaitu;


  • Anggrek Hitam

anggrek hitam ini merupakan jenis anggrek yang sudah mulai punah. Tanaman yang berhabitat asli di Kalimantan Timur ini memang sudah terancam punah karena telah banyak diburu untuk dijual dengan harga mahal ke para kolektor.
  • Anggrek Larat

satu lagi jenis anggrek yang juga tidak luput menjadi perhatian pemerintah Indonesia. Bunga anggrek yang memiliki nama lain dendrobium phalaenopsis fitzg ini lebih banyak tumbuh di karang-karang dan juga pohon dengan pencahayaan yang cukup. 

  • Padma Raksasa

flora yang satu ini memiliki tanaman yang unik dan cantik. Putiknya yang banyak dimanfaatkan sebagai obat juga menjadi ancaman tanaman ini terancam punah. Bunga yang juga dikenal sebagai bunga bangkai mengeluarkan bau seperti bangkai pada saat mekar.

  • Bunga Sedap Malam

tanaman yang satu ini merupakan tanaman berumbi yang habitat aslinya berasal dari Meksiko.

  • Balam Suntai

flora yang satu ini memiliki penampilan yang sangat cantik dan unik. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman langka dengan kaulitas kayu terbaik.

Sebenarnya masih banyak tanaman lain yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Mengingat indonesia sebagai negara yang subur dan kaya dengan sumber daya alamnya, Indonesia memang memiliki beragam jenis tanaman yang indah. Sayangnya, seiring dengan berjalannya waktu, banyak faktor yang mempengaruhi berbagai jenis tanaman langka menjadi terancam punah.

Sebagai rakyat Indonesia yang baik, tentu ini menjadi perhatian kita bersama untuk menjaga kelestarian tanaman-tanaman langka tersebut sehingga tetap terjaga kelestariannya. Berbagai jenis tanaman yang ada terutama untuk jenis flora langka tetap merupakan investasi dari alam yang memang pantas untuk dijaga dengan sebaik-baiknya. 

Posting Komentar

4 Komentar

  1. terimakasih untuk postinganny..
    oia sist itu yang bunga anggrek hitam kenap dinamakan bunga anggrek hitam? sedangkan warnanya saja hijau..
    terimkasih ;)

    BalasHapus
  2. thank you for having visited my blog

    BalasHapus
  3. top,.. alam adala sahabat kita. cintailah alam

    BalasHapus

Silakan beri komentar